belanja di jepang 3: suupa dan hyaku-en shop

Kalau yang ini artinya supermarket dan toko 100 yen. Suupa biasanya ada di daerah perumahan, dekat pusat keramaian, atau di pinggir jalan besar. Barang yang dijual macam-macam, seperti supermarket di Indonesia, dan jelas lebih murah bila dibandingkan dengan kombini. Suupa juga menjual buah dan sayuran –barang yang sangat jarang dijual di kombini. Saya biasanya ke suupa untuk belanja stok makanan dan buah.  Seminggu sekali cukup, karena saya juga jarang memasak dalam porsi besar; cukup tumis saja dengan rasa yang tidak terlalu bisa dibangggakan, haha…

Suupa biasanya tidak buka 24 jam, meskipun ada juga yang buka 24 jam. Ada dua suupa yang relatif dekat dengan apartemen saya. Tetap lumayan jauh juga sih, apalagi dalam musim dingin, hi… tapi lumayan lah, masih bisa dijangkau dengan sepeda.

Nah, kalau toko 100 yen itu ya toko yang barang-barangnya harganya 100 yen. All item. Sebenarnya ga juga sih, karena 100 yen itu beum termasuk pajak konsumsi 5%. Jadi harga totalnya 105 yen. Barang yang dijual macam-macam juga mulai dari makanan, stationary, alat listrik, alat dapur, alat mandi, pokoknya keperluan rumah tangga dan sehari-hari. Tentu saja yang bentuknya relatif kecil karena range harga juga murah. Sekedar perbandingan, sekali makan pakai lauk telur disini harganya sekitar 400 yen. Jadi, harga barang 100 yen bisa dianggap sangat murah.

Hampir semua barang yang dijual di hyaku-en shop adalah buatan Cina. Wajar saja, karena biaya produksi di Jepang sangat tinggi. Ada juga sih, beberapa yang made in Japan (saya pernah lihat beberapa stationary adalah made in Japan). Untuk kualitasnya.. menurut saya, dengan harga segitu ya worthed lah. Tidak perlu mengharapkan kualitas yang luar biasa; yang penting masih bisa dipakai.

Uniknya lagi, jika kita berbelanja dalam jumlah banyak (di suupa maupun di hyaku-en), maka kita harus memasukkan sendiri barang-barang yang kita beli tersebut ke tas. Bukan kasirnya lho.. jadi waktu kita membayar, barang yang kita beli dimasukkan dalam keranjang yang berbeda dan kita dikasih kantong kresek. Nah, setelah itu, kita masukkan deh barang-barang yang kita beli tersebut. Bener-bener swalayan deh, haha..

 

gambar diambil dari http://www.japan-guide.com/e/e2077.html

1 Comment

  1. taqi said,

    April 3, 2012 at 13:52

    ane bener2 kepincut jepun😉


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: