belanja di jepang 2: kombini

Kombini adalah sebutan orang Jepang untuk convenience store. Yah, kalau di Indonesia seperti alfamart dan indomaret. Konsepnya hampir sama juga: lokasi tersebar hampir di tiap distrik, posisi barang sama tiap toko, dan buka 24 jam. Harganya memang lebih mahal dibanding harga di supermarket, tapi untuk kondisi darurat, okelah untuk beli barang-barang di kombini. Bagi saya pribadi, kalau untuk beli keperluan masak jelas lebih enak di supermarket karena selisih harganya lumayan jauh. Tetapi untuk beli snack atau keperluan lain dalam jumlah kecil, saya lebih sering ke kombini. Dekat dengan apartemen dan buka 24 jam.

Kombini disini juga menyediakan jasa fotokopi dan kirim fax. Bedanya, kita harus mengoperasikan sendiri mesinnya dan sistem pembayarannya adalah prabayar. Masukin uangnya, lalu pilih menunya, dan ikuti instruksinya. Kalau sisa, nanti kembalian akan keluar dari mesin. Pertama kali pakai, saya juga bingung dan minta bantuan sama yang jaga. Akhirnya jadi lama karena dia ga mudeng bahasa inggris dan saya juga ga paham bahasa jepang. Untungnya orang Jepang sebagian besar baik, dalam artian tidak tanggung-tanggung dalam menolong. Akhirnya bisa deh. Dan ternyata, ada panduan dalam bahasa inggrisnya, haha..

Fasilitas lain yang ada di setiap kombini adalah mesin atm. Cukup satu mesin saja untuk semua bank. Biaya pengambilan gratis selama dalam jam kerja; ini berarti senin-jumat dari jam 9 sampai jam 5. Diluar itu, setiap transaksi dikenakan biaya 105 yen. Ada lagi: mesin loppi. Mesin ini gunanya untuk melakukan pembayaran dan konfirmasi barang. Saya sering menggunakan mesin ini untuk membeli pulsa telepon internasional. Tinggal pilih menunya, lalu mesin akan mencetak nota yang selanjutnya dibawa ke kasir untuk dibayar. Mesin ini juga sering saya pakai untuk membayar pembelian online lewat amazon.co.jp (tapi ini terbatas untuk kombini yang bekerjasama dengan penjual saja). Dua mesin ini (atm dan loppi) pasti terdapat di semua kombini, dan bagi saya sangat membantu.

Kita juga bisa melakukan pembayaran rekening listrik dan telepon (pasca bayar) di kombini. Tagihan pada bulan berjalan akan dikirim ke kita, dan kita bisa membayarnya di kombini terdekat dan tidak perlu ke perusahaan yang bersangkutan. Cukup tunjukkan bukti tagihan, dan bayar sesuai jumlah yang ada.

Setiap kombini juga memiliki barang yang eksklusif (seperti barang yang hanya dijual di carrefour, indomaret, atau alfamart). Biasanya berupa susu dan makanan ringan. Harganya relatif lebih murah dibanding merk lain. Tetapi kalau kita membandingkan harga jual merk lain itu di supermarket, harga di supermarket masih lebih murah, hehe.. Kombini juga menjual makanan siap saji. Tinggal panasin saja di microwave oven (kita juga bisa minta dipanasin di kombini karena oven merupakan fasilitas yang dapat digunakan secara gratis). Hanya saja, saya tidak pernah membelinya karena tidak tahu komposisi makanannya apakah mengandung babi atau tidak. Kombini juga menjual lauk makan (biasanya ayam goreng dan sebangsanya). Masih fresh, karena digoreng disitu.

Ada tiga kombini yang relatif punya jaringan luas di Jepang: lawson, seven eleven, dan familiy mart. Semuanya mudah ditemui dimanapun. Tapi, untuk daerah yang terpencil, kombini tidak buka 24 jam dan hanya buka pada waktu jam ramai saja (ini sih dari cerita seorang teman). Sekarang, kombini Jepang juga mencoba ekspansi ke Indonesia. Setidaknya seven eleven dan lawson sudah membuka gerai di Jakarta. Berbeda dengan konsep aslinya disini, di Jakarta konsepnya digabungkan dengan tempat nongkrong. Mungkin ini inovasi karena pasar convenience store di Indonesia sudah dikuasai alfamart dan indomaret. Bagaimanapun, di Jepang kombini masih tetap menjadi salahsatu tujuan saya untuk berbelanja.

gambar diambil dari http://en.wikipedia.org/wiki/File:Lawson_Japan.jpg

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: