belanja di jepang 1: recycle shop

Ini adalah sebutan untuk toko barang bekas di sini. Lumayan banyak, dan ada dua jenis: toko punya sendiri atau toko jaringan. Toko punya sendiri biasanya kecil. Di Kusatsu sini nggak begitu banyak. Nah, yang besar tu diantaranya hardoff sama sofmap. Hardoff itu grup perusahaan, ada offhouse (barang-barang umum), hobbyoff (untuk hobi), bookoff (buku), garageoff (perlengkapan mobil), sama offmode (pakaian). Saya sih seringnya ke offhouse, karena di kota saya (yang kecil dan ndeso –tp ndesonya relatif lho, kan di Jepang bo..) adanya offhouse. Bookoff juga ada, tapi koleksinya pake huruf Jepang yang saya nggak paham. Yang paling saya suka itu hobbyoff, karena banyak barang hobi yg murah. Sayangnya disini tidak ada; paling dekat di Osaka, sekitar 1 jam perjalanan pake kereta. Waktu saya main ke Tokyo awal Januari, saya sempet ke hobbyoff, dan wow.. pengen beli ini itu banyak sekali (haha, kaya doraemon aja ni). Akhirnya saya beli action figure evangelion. Keren, dan harganya relatif murah. Nah, kalo sofmap itu jualan barang elektronik. Sebenarnya ini toko jualan barang baru, tapi ada stok barang seken juga, terutama telepon. Saya beli telepon juga di sofmap. Banyak pilihan, dan garansi 1 bulan setelah pembelian. Enaknya lagi, klaim bisa diajukan di cabang sofmap manapun. Jadi, misalnya beli di Tokyo dan barangnya rusak padahal masih dalam waktu garansi, bisa ngajuin klaim di sofmap Kyoto atau Osaka.

Nah, tentang harga barang, biasanya relatif. Kalau kondisinya mint, sekitar 80% dari harga baru. Seringnya sih separo atau bahkan kurang dari harga baru. Dan penjual di toko recycle tidak bohong; kalau ada cacat atau kekurangan, dicantumin di kemasan –meskipun tidak kasat mata. Saya beli telepon seken dengan harga separo harga baru, karena katanya ada goresan (cacat). Sebenernya sih ga keliatan, lha wong saya juga belum nemu tu goresan ada di sebelah mana. Tapi tetap saja, dicantumin kekurangannya.

Barang-barang yang dipajang juga dalam kondisi yang bersih. Sepertinya sih mereka sudah benar-benar mbersihin, juga ngecek kondisi barang. Saya pernah lihat sepeda seken, kondisinya masih mulus, kempling banget. HP seken juga masih mulus. Action figure, juga mainan kereta (teman saya yang beli), semuanya dalam kondisi yang sangat-sangat bersih, siap pakai. Intinya, di toko loak Jepang itu harga berbanding lurus dengan kualitas dan kondisi barang. Ini yang saya suka, karena kita tidak kuatir bakalan ditipu sama penjual. Nggak heran deh, kalau banyak orang Indonesia di Jepang tongkrongannya di toko loak. Hidup loak…!!!

 

*gambar diambil dari http://www.apri.jp/floor.html

 

2 Comments

  1. dwi said,

    September 4, 2014 at 14:04

    di indonesia mugkin g ya?
    pengen buka toko recycle nih…

    • semuayanggurih said,

      January 7, 2015 at 09:40

      beberapa sudah ada recycle shop; tapi laku enggaknya itu yg g tau hehehe…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: