iklan rokok dan kementerian kebudayaan dan pariwisata

My Great Advanture –iklan rokok yang sangat menggetarkan hati saya. Waktu saya pertama kali melihatnya, saya merasa kagum. Ternyata Indonesia penuh dengan tempat wisata yang sangat luar biasa menyejukkan hati dan pandangan mata. Tidak kalah dengan negara manapun di dunia; bahkan kita memiliki keunggulan yang nyata. Juga iklan minuman energi yang (dahulu) dibintangi alm. Mbah Maridjan; menampilkan keindahan bumi Indonesia. Yang saya bingung, kok yang bikin iklan itu malah perusahaan swasta ya, bukan Kementerian Pariwisata dan Kebudayaan?

Ini ironis, karena potensi wisata di Indonesia sangat besar. Sebenarnya apa sih kerjaan orang-orang kementerian itu? Apa mereka menyasar pasar luar negeri sehingga promosinya lebih ke media luar negeri? Salah besar menurut saya, karena wisatawan domestok juga tidak kalah potensinya dengan wisatawan asing.

Di sisi lain, acara jalan-jalan wisata (dan kadang dibumbui dengan kuliner) di televisi justru seringkali menampilkan acara jalan-jalan di negeri manca. Saya tidak tahu apakah pihak luar membayar untuk membuat dan menayangkan acara seperti itu. Alangkah baiknya jika televisi memiliki jiwa nasionalis; mempromosikan wisata dalam negeri dalam acara jalan-jalannya. Saya yakin kita tidak akan kekurangan obyek wisata, baik itu wisata alam ataupun wisata budaya.

Saya kuatir, jangan-jangan nantinya usaha wisata kita akan sulit untuk berkembang karena kurangnya promosi. Wisatawan manca tidak datang ke Indonesia (karena takut terorisme), sedangkan orang kaya Indonesia justru akan berwisata ke luar negeri karena tidak tahu bahwa di negaranya sendiri terhampar keindahan yang luar biasa. Ah, jangan sampai hal ini terjadi. Semoga.

Leave a Reply

