alasan

Ah, macam-macam saja alasan yang ada. Seperti saat ini: males nulis, eh, tiba-tiba sudah akhir bulan. Terpaksa nulis, biar tidak ada bulan yang kosong. Kualitasnya? Nanti saja dipikirkan, yang penting upload dulu lah.

updated 14 maret 2011

Itu tadi sih alasan saja untuk memenuhi target. Saya sudah berjanji pada diri saya sendiri untuk tidak membiarkan blog saya kosong dalam jangka waktu lebih dari satu bulan. Konsekuensinya, setiap bulan saya harus mem-posting tulisan. Tapi, banyak alasan yang membuat saya terkadang tidak bisa (atau tidak mau?) untuk melakukannya. Apapun alasannya, sebenarnya itu adalah kesalahan saya sendiri, karena kemalasan saya. Saya bahkan pernah (pada hari terakhir di bulan tersebut) menulis “reserved…” pada blog saya, sekedar untuk mem-posting agar bulan tersebut tidak kosong dari postingan. Selanjutnya saya edit, itu yang ada di pikiran saya. Tapi, itu tidak juga saya lakukan; saya mengisinya (memang benar mengedit, tetapi tidak menggantinya dengan hasil pikiran saya pribadi) dengan mengkopi dari sumber lain. Ah, memalukan, kurangnya niat memang benar-benar menjadikan semua sulit.

Sama saja dengan postingan ini, yang sudah terlambat beberapa hari saya edit. Saya tidak bisa memberikan alasan yang pasti, karena ini memang kebodohan saya.

Alasan memang satu cara untuk menghindar dari bencana (baca: mendapat marah dan celaan). Dalam kehidupan di dunia nyata, hal ini juga terjadi. Ketika banyak hal yang tidak sesuai dengan rencana, pasti akan ada banyak alasan. Manusia memang tempat salah dan lupa, tetapi terlalu banyak alasan adalah sesuatu yang konyol. Bagi saya sendiri, daripada menyusun alasan yang tidak masuk akal, lebih baik saya mengakui kesalahan pribadi dan meminta maaf seraya berjanji akan berusaha lebih baik di masa datang. Saya juga menganggap bahwa orang yang berani mengakui kesalahannya (daripada membuat alasan yang tidak jelas) adalah orang yang jantan dan berani. Jadi, janganlah terlalu banyak beralasan. Hadapilah dengan jantan. Memang sangat sulit (saya juga merasakan hal tersebut), tetapi saya akan terus mencoba.

Leave a Reply

