first impression of jogja

Saya sedang di Jogja sekarang. Sudah lumayan lama, sekitar satu setengah bulan. Ada keperluan buat sekolah lagi di sini, dan mumpung ada yang mbayari, ya alhamdulillah deh. Kesan pertama tentang Jogja saya bagi dalam tiga hal: makanan, lalulintas, dan hiburan. Apakah lebih baik daripada kampung asal saya di Tegal? Hmmm…. yah, ada yang lebih baik dan ada yang tidak.

Pertama, makanan. Jogja jelas gudangnya makanan manis. Ah, sebenarnya ini siksaan untuk saya yang lebih suka makanan gurih. Jadi, meskipun Jogja terkenal dengan gudegnya, sampai sekarang saya belum pernah makan gudeg di sini. Hehehe… aneh yah? Mungkin memang begitu, lha wong rasane manis banget’e. Bahkan bumbu di masakan padang juga dominan rasa manisnya. Yang saya sedih, nyari sate tegal sampai sekarang belum dapat. Sate kambing di sini dimasak dengan bumbu manis dan diberi merica. Saya sudah pernah mencoba makan, tapi kurang cocok dengan selera saya. Tapi ada hal baiknya juga berkaitan dengan makanan di sini. Harganya benar-benar bersahabat bagi kantong mahasiswa seperti saya. Murah… Makan nasi telur dihargai 4 ribu – 5 ribu (di Tegal minimal 5 ribu), es teh dan es jeruk rata-rata 1.500 (di Tegal es jeruk malah 3 ribu), dan kerupuk 500 dapat dua, padahal di Tegal 500 hanya dapat satu. Untunglah waktu saya apply buat ngedapetin sekolah ini, saya memilih Jogja. Lumayan, bisa sedikit berhemat.

Kedua, lalulintas. Di Jogja jauh lebih ramai (ya iya, wong kota besar), dan yang nyetir pada brutal. Banyak banget sepeda motor, dan mereka seperti terburu-buru kalo sedang di atas kendaraan. Kebut sana sini, salip seenaknya, bikin kacau jalan. Rasanya takur kalau nyetir di sini. Lha gimana enggak, udah nyetir hati-hati, tetep saja mau diserempet orang. Untungnya, jalan di sini bentuknya grid, jadi saya tidak kuatir nyasar. Kejelekan saya adalah suka nyasar (bener deh, apalagi kalau pas nyetir malam hari), jadi kondisi Jogja yang seperti ini baik buat saya. Satu lagi, angkutan umum di sini jeleknya minta ampun. Kebanyakan berupa bus kota, dan sudah sangat tidak layak. Kaya kaleng krupuk yang diberi mesin. Berisik, suka mogok, gak nyaman dinaiki, ngetem seenaknya, dan bikin polusi. Udah gitu, jam 6 sore sudah nggak ada yang beredar, tinggal Trans Jogja saja yang masih ada. Walah, repot bener. Kalau pakai ojek atau taksi, terlalu mahal biayanya. Tapi kalau bawa motor sendiri, itu berarti menambah satu lagi orang brutal yang nyetir sepeda motor, hehe…

Ketiga, berkaitan dengan hiburan. Tentu saja di Jogja jauh lebih banyak hiburan. Ada Kraton, Malioboro, mall juga banyak, Prambanan, Parangtritis, bioskop, wis pokoke komplet. Dan yang paling saya suka, banyak persewaan buku dan toko buku diskon di sini. Sangat menyenangkan. Rasanya nyaman bisa hidup dikelilingi buku. Kayanya harus menyisihkan biaya untuk melengkapi koleksi buku saya nih. Moga-moga aja masih bisa. Sudah ada target buku, tinggal nyiapin duit buat membelinya.

1 Comment

  1. May 13, 2010 at 13:01

    Iya bener jogja emang top marktob,selain banyak hiburan rangnya jga ramah-ramah kayak di solo😀 salam kenal


Leave a Reply

