komitmen

Saya salut sama komitmen dosen di UGM. Sekarang saya lagi di Jogja. Ada short-course 2 bulan di UGM (kerjasama dengan Bappenas) buat jadi fungsional perencana. Dosen yang ngajar macam-macam background ilmunya; dari ekonomi, administrasi publik, psikologi, ilmu sosial, ilmu politik, tata ruang, dan geografi. Enak, apalagi banyak dosen yang sudah profesor dan benar-benar ahli di bidangnya. Pengelola diklat memang pinter milih dosen buat ngajar, dan rasanya standar Bappenas untuk pengajar memang tinggi. Yang saya salut, komitmen dosen-dosen itu untuk mengajar benar-benar bagus. Satu contoh yang saya lihat sendiri adalah pada saat mengajar dan ada telepon masuk. Semuanya ditolak, dan lebih memilih untuk tetap melanjutkan mengajar. Hanya ada satu dosen yang menerima, itupun setelah ditelpon berkali-kali (sebelumnya tidak diangkat) karena sudah ditunggu di bandara, dan sebelum mengangkat telepon lebih dulu meminta maaf pada mahasiswa di kelas.

Saya benar-benar salut. Padahal siswanya bukan mahasiswa reguler dan hanya siswa diklat singkat. Pertemuan juga hanya satu kali dan setelah pengajaran selesai, tidak bertemu lagi. Tetapi, komitmen mengajarnya benar-benar bagus. Beda dengan tempat saya kuliah S1 dulu (gak usah ditunjukkan ah, malu kalo dibandingin komitmen dosennya). Bila ada telepon masuk, lebih memilih mengangkat telepon itu, bahkan ber-haha hehe dengan enaknya.

Contoh lain, tentang waktu mengajar. Dosen di sini sangat on-time dalam mengajar. Bila jadwal jam 7.30, ya jam segitu sudah stand-by di kelas. Beda dengan tempat saya kuliah S1 yang seringkali kosong karena dosennya lebih memilih nggarap proyek di luaran. Memang ada kompensasi ngasih nilainya murah, tetapi bukan itu yang sebenarnya saya cari. Percuma dapat nilai bagus tapi nggak paham materi kuliahnya. Akhirnya ya jadi begini; lulus S1 tapi masih bodoh, gak pinter-pinter.

Ah, jadi pengen kuliah di UGM ni.

Leave a Reply

