16 tahun ambalat untuk menutup hutang

Dalam kuliah saya beberapa hari yang lalu, seorang pengajar mengemukakan bahwa sebenarnya hutang luar negeri kita bisa ditutup dengan pengoperasionalan ladang minyak blok ambalat (yang dulu pernah menjadi sengketa dengan Malaysia-si-kurang-ajar itu). Dalam hitungan yang dilaksanakan, bila eksplorasi dilaksanakan oleh Pertamina dengan wajar, maka hutang tersebut akan terlunasi dalam jangka waktu 16 tahun saja; sedangkan masa wajar eksplorasi blok ambalat adalah sampai 38 tahun. Sebuah potensi yang luar biasa, dan kita akan dapat memperoleh harga diri kita kembali sebagai suatu bangsa bila kita tidak lagi memiliki hutang.

Yang jadi pertanyaan, kenapa keputusan untuk melakukan eksplorasi justru diberikan kepada British Petroleum, bukannya pada Pertamina?

Waktu itu pak Dosennya bilang bahwa keputusan itu diambil oleh Pemerintah karena Pertamina merupakan sarang korupsi. Dalam hitungannya, daripada dilaksanakan oleh Pertamina, lebih menguntungkan bila dilaksanakan oleh BP (meskipun hasilnya duit yang masuk negara sama-sama sedikit).

Waktu ditanyakan lagi kenapa KPK tidak disuruh masuk Pertamina saja, jawabannya lebih menyesakkan hati. Bila KPK mengaudit Pertamina, maka akan terlalu banyak pihak yang tumbang. Menteri ESDM dan Menteri BUMN jelas akan jatuh karena sebelum menyetujui KPK untuk melaksanakan audit akan diganti oleh Presiden. Kenapa diganti? Karena Presiden mendapat tekanan yang amat kuat dari DPR. Kenapa ada tekanan? Karena DPR sudah diberi duit oleh Pertamina, dan mereka juga ikut “bermain” dalam konspirasi besar. Terlalu banyak pihak yang terlibat dan bila semua terbongkar akan menjadi skandal yang (mungkin) membuat negara ini jadi hancur. Jadi, menurut pejabat itu, lebih baik proyeknya dikasihkan ke BP saja daripada ke Pertamina karena lebih jelas hitung-hitungannya. Apakah keputusan Pemerintah itu diambil secara murni tanpa adanya uang pelicin dari BP, entahlah. Rasanya, negara ini sudah terlalu jauh salah urus dan sulit untuk bangkit lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: