bupati keren

Bukan dalam arti fisik tentu saja, dan membuat saya bertanya dalam hati: Bisakah Bupati saya seperti mereka? Saya tertarik dengan headline Tempo edisi 28 Desember 2008 yang judulnya “10 Tokoh 2008”. Langsung saya beli deh tu majalah. Isi laporan utamanya tentang 10 Kepala Daerah terbaik yang dianggap bisa mengangkat daerahnya. Bagus, benar-benar bagus. Highly recommended to read, terutama buat para birokrat, khususnya yang berposisi sebagai pengambil kebijakan. Membuat hati saya terharu sekaligus iri. Dan muncul pertanyaan itu: Bisakah Bupati saya seperti mereka?

2 Comments

  1. masmpep said,

    January 6, 2009 at 20:39

    beberapa saat menjadi ambtenar saya menjadi berpikir lebih sistematis, menurut kaidah perencanaan-perencanaan. jadi seorang bupati/walikota harus taat pada dokumen-dokumen perencanaan 20, 5, dan 1 tahunan. bila mereka taat saja, wajah indonesia akan lebih baik.

    namun beberapa waktu kemudian saya terhenyak. betapa bupati/walikota dengan kekuasaannya sebagai raja kecil dapat berbuat lebih. bupati/walikota harus inovatif, berani tidak populer, dan BERBUAT.

    sutiyoso. bagi saya gubernur satu ini perlu diapresiasi proyek buswaynya. betatapun pro dan kontra kita, sutiyoso adalah satu-satunya gubernur jakarta yang BERBUAT dibanding 2-3 gubernur sebelumnya. prinsip busway oke: transportasi massal. soal kenyataan lapangan, korupsi, sistem amburadul, atau orientasi proyek tidak menutup kenyataan bahwa sutiyoso berani mengurai persoalan.

    joko widodo. soal PKL yang benar-benar perlu diapresiasi. berapa banyak walikota memimpin solo, namun joko widodo mampu membuat yang tak mungkin menjadi mungkin.

    bupati purbalingga. membuat owabong. tegal punya sumber daya lebih: guci. purwokerto lebih moncer lagi: baturraden. tapi purbalingga mampu menyalipnya. namun catatan kritisnya, gelombang investasi di purbalingga belum terlihat berdampak pada rakyatnya.

    walikota palembang. penataan jembatan musi hampir-hampir musykil, takhyul, mimpi. pak walikota mampu meyakinkan kita bahwa itu semua: BISA.

    bupati sragen dan karanganyar. populer, namun masih ‘genit’ (maksudnya populer di media saja) namun bagi saya rasanya belum menyentuh soal2 kesra warganya.

    kesempatan bagi:

    walikota semarang BERBUAT untuk penanganan banjir dan pasar johar.

    walikota bandung BERBUAT untuk mengorganisir sampah.

  2. semuayanggurih said,

    January 9, 2009 at 08:22

    for masmpep: mumpung bupati saya baru (tapi lama, karena terpilih lagi), harapan saya adalah kinerja yang lebih baik.


Leave a Reply

