gorengan

Deket rumah… penjual gorengan… rame banget… laris. Memang enak sih. Saya jadi penasaran dengan gorengan yang dijual itu. Apa sih yang bikin enak gorengan itu? Bahannya sama dengan gorengan di rumah saya: tahu, tempe, pisang, bakwan. Cara nggorengnya juga sama: pake minyak sayur, digoreng di atas kompor. Bumbu adonan juga nggak beda jauh: tepung beras buat tahu dan tempe; terigu buat pisang. Jadi apa yang bikin rasanya beda, jauh lebih gurih, lebih enak? Setelah saya perhatikan dengan seksama, ada satu perbedaan besar antara gorengan enak itu dengan gorengan yang biasa dibikin emak saya, yaitu cara menggorengnya. Ada jurus khusus (mungkin) yang dipakai oleh si penjual yaitu jurus campur-campur. Maksudnya, nyampur antara bumbu dengan yang mau digoreng; dan nyampurnya diaduk-aduk acak. Ah… gak tau lah, yang jelas hasilnya enak. Padahal dari segi kebersihan, jelas sangat diragukan. Lha wong jualnya saja di pinggir jalan, tangannya belum pasti bersih (dan tangan itu buat ngaduk adonan), minyaknya juga dipakai berkali-kali, tapi kok nyatanya enak. Ada fotonya juga (saya sempetin motret), waktu si penjual sedang nggoreng. Hmmm… mak nyusss… gurih…

dsc004882

inilah jurus tangan seribu yang menghasilkan gorengan gurih. membuat ketagihan…

About these ads

4 Comments

  1. piz said,

    March 10, 2009 at 19:06

    Ati2 itu yang ngayaki tepung sama nyaring airnya pake celana loh! Hiyyy….
    *inget propoganda negatif waktu kecil*

  2. semuayanggurih said,

    March 11, 2009 at 10:08

    ah, mulane kuwi. sing marahi gurih… huahahaha…

  3. masmpep said,

    March 11, 2009 at 11:46

    kayaknya karena yang jual deh. coba yang jual bapak-bapak. berkumis tebal. suka memakai sarung digulung sampe dengkul. mungkin lebih maknyus….

  4. semuayanggurih said,

    March 13, 2009 at 10:08

    ih, jijai deh… masa gorengan campur kumis…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: